Orang Tua Asuh

Program Orang Tua asuh ini adalah program baru komunitas Pemuda Madiun Bergerak, sebenarnya program ini tidak sepenunya program baru di komunitas, sebelumnya Program serupa sudah kita jalankan kurang lebih selama 1 tahun lebih, yaitu santunan pendidikan kepada anak usia pelajar dari keluarga kurang mampu. Di usia PMB yang memasuki tahun ke-3 ini program tersebut kita kembangkan dan kita tingkatkan kemudian kita konsep menjadi Program Oang Tua Asuh.

Sekilas Tentang Program

Dalam program ini, pertama kita akan membentuk Tim Oang Tua asuh yang terdiri dari 10 orang/Tim (yang mana tugas / peran Oang Tua asuh akan di jelaskan dalam poin Tim Orang Tua Asuh) kemudian setelah terbentuk tim, selanjutnya akan kita angkat anak asuh yang nantinya kita serahkan ke Pesantren untuk memaksimalkan pendidikan kepada anak asuh.

Pesantren

Pesantren yang akan kita libatkan tidaklah kita haruskan di salah satu pesantren saja, melainkan pesantren yang sudah di sepakati tim orang tua asuh anak bersangkutan, bisa Pesantren pilihan anak sendiri, pesantren pilihan wali kandung anak, atau pesantren manapun yang telah di sepakati oleh tim orangtua asuh, yang mana pesantren tersebut memenuhi kriteria standar program, yaitu sebagai berikut ;

  1. Pesantren merupakan sebuah yayasan yang memiliki pendidikan formal sendiri ( tidak terpisah jauh antara asrama, tempat ngaji, dan sekolah formal, sehingga anak tidak membutuhkan kendaraan untuk mencapai ke sekolah, serta pembiayaan pendidikan terpusat pada satu pintu yang sudah meliputi biaya pendidikan formal, diniyah, asrama, dll.)
  2. Pesantren berbiaya kurang dari 500rb rupiah untuk keperluan santri setiap bulan nya yang meliputi SPP pendidikan formal dan non formal santri, uang asrama, uang makan, dan iuran serta kebutuhan lain yang bersifat bulanan.
  3. Pesantren berlokasi di sekitaran madiun atau tidak begitu jauh dari madiun agar mudah untuk orangtua asuh untuk mengontrol atau menengok anak asuh.

Kenapa Kita Pilih Pesantren ?

Tujuan kita pilih pesantren, tak lain karena alasan untuk memaksimalkan pendidikan yang di dapatkan si anak, juga pesantren lebih efisien dalam memaksimalkan ketepan fungsi biaya yang meliputi biaya belajar, asrama, makan, dll. Pesantren juga memiliki sistem pengawasan terhadap peserta didiknya, yang mana hal itu akan memudahkan orang tua asuh dalam mengawal anak asuh untuk benar-benar dapat menyelesaikan jenjang pendidikannya.

Anak asuh

anak asuh yang akan kita libatkan di dalam program ini merupakan anak yatim / piyatu, atau anak dari keluarga miskin, atau anak gelandangan, atau sejenisnya yang nantinya akan kita survey terlebih dahulu untuk memastikan bahwa anak tersebut memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Benar – benar tidak mampu
  2. Masih dalam masa usia sekolah
  3. Berminat untuk sekolah / belajar dan mau tinggal di pesantren

Tim Orang Tua Asuh

  1. Keanggotaan

Orang Tua asuh dalam program ini berbentuk Tim yang terdiri dari 10 orang tiap tim untuk setiap satu anak asuh yang mana tiap tim terstruktur dari 1 orang ketua, 1 orang bendahara, dan 8 anggota

  1. Tugas / Peran

Setiap tim berperan layaknya orang tua pada umumnya yaitu dalam program ini adalah :

  • Menentukan pesantren untuk anak asuh
  • Membiayai anak asuh. [i]
  • Mengontrol / membesuk anak asuh tiap bulan
  • Menjaga silaturahim dan hubungan baik anatar sesama anggota Tim dan keluarga kandung anak asuh.
  • Memastikan optimalisasi perkembangan anak asuh.

 

Masa Asuh

Masa asuh adalah lama waktu bagi tim orangtua asuh dalam mengawal biaya dan pendidikan anak asuh. Adapun waktu masa asuh tidak dibatasi secara aturan umum, dalam arti untuk hal ini sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing tim, yang pasti minimal masa asuh adalah tiap habis masa satu jenjang pendidikan. Adapun setelah selesai satu jenjang pendidikan, maka tim dipersilahkan untuk melanjutkan masa asuh untuk jenjang berikutnya atau menyudahi masa asuh terhadap anak asuh yang bersangkutan.

 

Musyawarah

Musyawarah dilakukan oleh tim setidaknya sebulan sekali untuk evaluasi dan silaturahim antar anggota, dan juga satu kali dalam sebulan oleh ketua sekaligus bendahara seluruh tim bersama forum induk komunitas PMB.

[i] Biaya didapat dari iuran tiap anggota sebesar ≥ 50.000,- sehingga hingga terkumpul ≥ 500.000 ,- / tim / bulan untuk biaya kebutuhan anak asuh selama 1 bulan dan dilakukan secara rutin tiap bulan, adapun mengenai biaya tambahan diluar 500rb / bulan maka penyelesaiannya sebagai berikut :

  • Di Selesaikan melalui rapat intern tim.
  • Di selesaikan melallui rapat antar tim.
  • Di selesaikan di forum induk PMB

[1] Biaya didapat dari iuran tiap anggota sebesar ≥ 50.000,- sehingga hingga terkumpul ≥ 500.000 ,- / tim / bulan untuk biaya kebutuhan anak asuh selama 1 bulan dan dilakukan secara rutin tiap bulan, adapun mengenai biaya tambahan diluar 500rb / bulan maka penyelesaiannya sebagai berikut :

  • Di Selesaikan melalui rapat intern tim.
  • Di selesaikan melallui rapat antar tim.
  • Di selesaikan di forum induk PMB

Download Document Program Orang Tua Asuh PMB

 

Sebarkan Kepada Dunia
Hubungi Kami
Kirim via WhatsApp